RSS
Gambar

Teknik Bermain Bola Volly

28 Feb
SERANGAN
Serangan, juga dikenal sebagai spike, biasanya merupakan kontak ketiga tim membuat dengan bola. Tujuan menyerang adalah untuk menangani bola sehingga tanah di lapangan lawan dan tidak dapat dipertahankan. Seorang pemain membuat serangkaian langkah (“pendekatan”), melompat, dan ayunan di bola.Idealnya kontak dengan bola dibuat di puncak melompat pemukul itu. Pada saat kontak, lengan pemukul itu dibuka penuh atas kepala nya dan sedikit ke depan, membuat kontak tertinggi mungkin dengan tetap menjaga kemampuan untuk memberikan pukulan kuat. Pemukul menggunakan lengan ayun, snap pergelangan tangan, dan kontraksi maju cepat dari seluruh tubuh untuk mengusir bola. A ‘bouncing’ adalah istilah slang untuk lonjakan sangat sulit / keras yang mengikuti lintasan hampir lurus tajam ke bawah ke pengadilan lawan dan memantul sangat tinggi ke udara. Sebuah “membunuh” adalah istilah slang untuk serangan yang tidak dikembalikan oleh tim lain sehingga mengakibatkan titik.Kontemporer voli terdiri dari sejumlah menyerang teknik:Backcourt (atau backrow) / pipa serangan: serangan yang dilakukan oleh pemain barisan belakang. Pemain harus melompat dari belakang garis 3-meter sebelum membuat kontak dengan bola, tapi mungkin tanah di depan garis 3 meter.
Line dan Cross-pengadilan Shot: merujuk pada apakah bola terbang di lintasan lurus sejajar dengan garis samping, atau salib melalui pengadilan di sudut. Sebuah tembakan menyilang dengan sudut yang sangat menonjol, sehingga bola mendarat dekat garis 3-meter, disebut tembakan potong.
Dip Dink / / Tip / Cheat / Dump: pemain tidak mencoba membuat hit, tapi menyentuh bola ringan, sehingga tanah di atas lahan seluas pengadilan lawan yang tidak tercakup oleh pertahanan.
Alat / Lap / Blok-pelanggaran: pemain tidak mencoba membuat lonjakan keras, tapi memukul bola sehingga menyentuh blok lawan dan kemudian memantul-pengadilan.
Off-speed hit: pemain tidak memukul bola keras, mengurangi kecepatan dan dengan demikian membingungkan pertahanan lawan.
Cepat hit / “Satu”: serangan (biasanya oleh blocker tengah) di mana pendekatan dan melompat dimulai sebelum kontak setter bola. Set (disebut “quick set”) ditempatkan hanya sedikit di atas net dan bola dipukul oleh pemukul hampir segera setelah meninggalkan tangan setter itu. Serangan cepat sering efektif karena mereka mengisolasi blocker tengah menjadi blocker hanya pada pukulan tersebut.
Slide: variasi dari hit cepat yang menggunakan satu set pinggang. Para pemukul tengah langkah sekitar setter dan hits dari belakang dia.
Ganda cepat hit / “Stack” / “Tandem”: variasi hit cepat di mana dua hitter, satu di depan dan satu di belakang setter atau keduanya di depan setter, melompat untuk melakukan hit cepat pada saat yang sama. Hal ini dapat digunakan untuk menipu blocker berlawanan dan membebaskan pemukul keempat menyerang dari backcourt, mungkin tanpa blok sama sekali.

Smash (spike)

Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Teknik smash Menurut Muhajir Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal (2006,23). Menurut pendapat M. Mariyanto mengemukakan bahwa : “ Smash adalah suatu pukulan yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas , sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi, apabila pukulan bola lebih tinggi berada di atas net , maka bola dapat dipukul tajam ke bawah .” (2006 : 128 ) Menurut Iwan Kristianto mengemukakan bahwa , Smash adalah pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan . “ (2003 : 143 ) . Spike adalah merupakan bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk menyerang dalam upaya memperoleh nilai suatu tim dalam permainan voli . Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Teknik Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan. Tes smash Menurut Sandika mengemukakan bahwa tes smash adalah tolok ukur untuk mengukur kemampuan smash.

 

servis

Servis pada zaman sekarang bukan lagi sebagai awal dari suatu permainan atau sekedar menyajikan bola, tetapi sebagai suatu serangan pertama bagi regu yang melakukan servis. Servis terdiri dari servis tangan bawah dan servis tangan atas.Servis tangan atas dibedakan lagi atas tennis servis,floating dan cekis.

1.servis tangan bawah

-mula-mula pemain berdiri dipetak servis dengan kaki kiri lebih kedepan dari kaki kanan.

-bola dipegang dengan tangan kiri

-Bola dilambungkan tidak terlalu tinggi,tangan kanan ditarik ke bawah belakang

-setelah bola kira-kira setinggi pinggang,lengan kanan diayunkan lurus kedepan untuk memukul bola

-telapak tangan menghadap bola dan tangan ditegangkan untuk mendapat pantulan yang sempurna,tangan dapat pula menggenggam.

2.tennis servis

-Sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih kedepan, kedua lutut agak rendah

-tangan kiri dan kanan bersama-sama memegang bola,tangan kirimenyangga bola,tangan kanan di atas bola.

-bola dilambungkan dengan tangan kiri kira-kira 1/2 meter di atas kepala

-tangan kanan ditarik kebelakang atas kepala,menghadap depan

-lakukan gerakan seperti mensmesh bola,perhatian terpusat pada bola

-lecutan tangan diperlukan pada saat perkenaan bola.

3.floating servis

-posisi kaki sama seperti tennis servis

-tangan kiri memegang bola dan tangan kanan disamping setinggi pelipis

-dengan tangan kiri bola dilambungkan ssedikit kesamping kanan tidak terlalu tinggi

-setelah bola melambung keatas setinggi kepala, tangan kanan dipukulkan pada bagian tengah bola.

-pukulan float dapat dilakukan dengan beberapa cara:

= dengan tumit tangan

= dengan tangan, dimana ibu jari dilipat kedalam dan menempel pada telapak tangan

= memukul dengan tangan tergenggam.

4.cekis

-sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat kejaring.

-bola dipegang tangan kiri dan kanan.

-saat bola dilambungkan, badan diliukkan sedikit kebelakang dan lutut ditekuk

-kedua tangan dijulurkan kearah samping bawah kanan dalam keadaan memegang bola.

-bola dilambung keatas kepala dengan kedua belah tangan.

-setelah bola lepas, tangan kanan ditarik kesamping kanan bawah, liukkan badan kekanan.

-berat badan ada dikaki kanan,telapak tangan menghadap keatas

-setelah bola ada pada jangkauan tangan,secepatnya bersama sama lengan, liukkan badan kesamping kiri

-perkenaan bola bagian bawah belakang bola,pukulan bola dibantu liukkan badan dan lecutan tangan.

Service ada beberapa macam:

  • Service atas adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
  • Service bawah adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
  • Service mengapung adalah service atas dengan awalan dan cara memukul yang hampir sama. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.

Yang perlu diperhatikan dalam service antara lain :

  • Sikap badan dan pandangan.
  • Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.
  • Saat kapan harus memukul bola.

PERTAHANAN

Passing

  • Passing Bawah (Pukulan/pengambilan tangan kebawah)
    • Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
    • tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan.
    • Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
  • Passing Keatas (Pukulan/pengambilan tangan keatas)
    • Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
    • Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola.
    • Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga.
    • Penyentuhan pada semua jari-jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan
    • Menggunakan gerakan kaki untuk menambah power
Juga disebut penerimaan, passing adalah upaya tim untuk benar menangani servis lawan, atau bentuk serangan. Penanganan yang benar meliputi tidak hanya mencegah bola dari menyentuh pengadilan, tetapi juga membuatnya mencapai posisi di mana setter berdiri dengan cepat dan tepat.Keterampilan lewat melibatkan dua teknik fundamental tertentu: lulus ketiak, atau benjolan, di mana bola menyentuh bagian dalam dari lengan bergabung atau platform, pada garis pinggang, dan tinju lancar, dimana itu ditangani dengan ujung jari, seperti satu set, di atas kepala. Entah dapat diterima dalam profesional dan voli pantai, namun ada peraturan lebih ketat pada lulus tinju di voli pantai.

Membendung (blocking)

.

Bola yang melewati tangan bloker

Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Sikap memblok yang benar adalah:

  • Jongkok, bersiap untuk melompat.
  • Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
  • Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian melakukan block.

Block ada dua macam. 1. block tunggal 2. block ganda Block tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain Block ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih.Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar blocker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.Pemblokiran mengacu pada tindakan yang diambil oleh pemain berdiri di depan net untuk menghentikan atau mengubah serangan lawan.

Sebuah blok yang bertujuan sepenuhnya menghentikan serangan, sehingga membuat bola tetap di pengadilan lawan, disebut ofensif. Sebuah blok ofensif baik dijalankan dilakukan dengan melompat dan mencapai untuk menembus dengan tangan satu dan tangan melewati net dan masuk ke daerah lawan. Hal ini membutuhkan mengantisipasi arah bola akan pergi setelah serangan itu terjadi. Hal ini juga mungkin memerlukan perhitungan pekerjaan kaki terbaik untuk mengeksekusi “sempurna” blok.

Melompat harus diberi batas waktu sehingga untuk mencegat lintasan bola sebelum itu menyeberang net. Palms diadakan dibelokkan ke bawah sekitar 45-60 derajat ke arah bagian dalam pengadilan lawan. Sebuah “atap” adalah sebuah blok serangan spektakuler yang mengarahkan kekuatan dan kecepatan serangan lurus ke bawah ke lantai penyerang, seolah-olah penyerang memukul bola ke bagian bawah atap rumah memuncak.

Sebaliknya, itu disebut defensif, atau “lunak” blok jika tujuannya adalah untuk mengendalikan dan membelokkan bola keras-driven up sehingga melambat dan menjadi lebih mudah untuk dipertahankan. Sumur-dieksekusi soft-blok dilakukan dengan melompat dan menempatkan satu tangan di atas bersih dengan penetrasi ke pengadilan lawan dan dengan telapak tangan dan jari menunjuk ke belakang.

Pemblokiran juga diklasifikasikan menurut jumlah pemain yang terlibat. Dengan demikian, orang dapat berbicara tentang tunggal (atau solo), ganda, atau blok tiga.

Memblokir sukses tidak selalu menghasilkan sebuah “atap” dan sering kali bahkan tidak menyentuh bola. Meskipun jelas bahwa blok ini sukses ketika penyerang beratap, sebuah blok yang konsisten memaksa penyerang jauh dari nya ‘kekuatan’ atau serangan pilihan menjadi lebih mudah dikontrol ditembak oleh pertahanan juga merupakan blok yang sangat sukses

 Dig

kemampuan untuk mencegah bola dari menyentuh pengadilan seseorang setelah lonjakan atau serangan, terutama bola yang hampir menyentuh tanah. Dalam banyak aspek, keterampilan ini mirip dengan yang lewat, atau menabrak: tinju menggali dan benjolan juga digunakan untuk membedakan antara tindakan defensif diambil dengan ujung jari atau dengan tangan bergabung. Ini bervariasi dari yang lewat namun dalam yang itu keterampilan berbasis lebih refleks, terutama pada tingkat yang lebih tinggi. Hal ini terutama penting saat menggali untuk pemain untuk tetap di kaki mereka; beberapa pemain memilih untuk menggunakan langkah pemecahan untuk memastikan mereka siap untuk bergerak ke segala arah.Beberapa teknik tertentu lebih sering terjadi pada menggali dari pada lewat. Seorang pemain kadang-kadang dapat melakukan “menyelam”, yaitu, melempar tubuh nya di udara dengan gerakan ke depan dalam upaya untuk menyelamatkan bola, dan mendarat di nya atau dadanya. Ketika pemain juga slide tangan nya di bawah bola yang hampir menyentuh pengadilan, ini disebut “pancake”. The Pancake sering digunakan di dalam ruangan bola voli, tapi jarang jika pernah di voli pantai karena sifat yang tidak rata dan lemah dari pengadilan pasir membatasi kemungkinan bahwa bola akan membuat kontak, baik yang bersih dengan tangan. Ketika digunakan dengan benar, itu adalah salah satu drama lebih spektakuler voli defensif.Terkadang seorang pemain juga mungkin terpaksa menjatuhkan tubuh-nya dengan cepat ke lantai untuk menyelamatkan bola. Dalam situasi ini, pemain yang menggunakan teknik bergulir khusus untuk meminimalkan kemungkinan cedera.
 
1 Komentar

Posted by pada Februari 28, 2012 in Uncategorized

 

One response to “Teknik Bermain Bola Volly

  1. duniarenang

    Februari 29, 2012 at 2:50 am

    pancet.ae soro

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: